Demi Sukses Pilkada, KPU Gandeng Seluruh Elemen Masyarakat

NEWS

Penulis: Supriyani
SUKOHARJO | inspirasiline.com

SEIRING Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang tinggal beberapa bulan lagi, berbagai sosialisasi terus dilakukan dengan menggandeng berbagai elemen masyarakat, seperti organisasi keagamaan, kepemudaan, disabilitas, pekerja seni, dan seluruh elemen mayarakat. Masing-masing diminta perannya sesuai kapasitas yang mereka miliki untuk bersama-sama ikut menyukseskan gelaran pesta demokrasi lima tahunan, yaitu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, 9 Desember mendatang.

Kegiatan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Rapat Koordinasi dan Sosialiasi Pilkada di RM Soto Harto, Begajah, Sukoharjo, Jumat (28/08/2020), dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ketua KPU Sukoharjo Nuril Huda ditemui usai acara menyampaikan bahwa hasil rakor sesuai dengan yang diharapkan. Semua stakeholder mendukung upaya-upaya yang dilakukan untuk menyukseskan Pilkada di tengah pandemi Covid-19, tahun ini, yang pasti jauh berbeda dari pemilu-pemilu sebelumnya. “Untuk itu, kami perlu dukungan dan masukan dari berbagai pihak, demi untuk suksesnya Pilkada,” katanya.

Nanang Nugroho, wakil pemuda KNPI mengusulkan agar Pemilu di suasana pandemi benar-benar malaksanakan protokol kesehatan, seperti cek suhu badan, cuci tangan, jaga jarak, dan pakai masker. “Kalau bisa setiap tempat pemungutan suara (TPS) agar disediakan tenaga kesehatan untuk memantau kesehatan petugas maupun para pemilih yang datang silih berganti” ujarnya.

Sedangkan dari pekerja seni, yang diwakili Bambang Hermanto juga menyoroti tentang masih banyaknya data ganda. “Coklit kemarin kayaknya hanya copy paste saja. Kebetulan kami ini pengurus RT, kami kantongi semua data penduduk di lingkungan kami. Jadi, siapa-siapa saja yang ada atau sudah tidak ada, kami tahu.  Lha di situ ternyata orang yang sudah meninggal, kok masih ada di daftar pemilih. Kami harap KPU bisa jeli,” ungkapnya.

baca juga:  KPU Kendal Resmi Tetapkan Dibas Bupati-Wakil Bupati Terpilih

Dengan adanya rakor ini, Nuril berharap, semua stakeholder bisa ikut ambil bagian, memantau di lingkungan masing-masing fakta yang sebenarnya.

“Kami sangat mengapresiasi, ternyata respons masyarakat sangat bagus, sehingga akan mempermudah untuk mengontrol data pemilih. Dan pasca-penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) nanti, tersedia ruang bagi masyarakat, untuk melapor siapa-siapa yang sudah memunyai hak pilih tapi belum masuk dalam daftar pemilih, bisa koordinasi dengan KPPS setempat, agar datanya bisa dimasukkan sebagai daftar pemilih,” terangnya.***

Bagikan ke:

2 thoughts on “Demi Sukses Pilkada, KPU Gandeng Seluruh Elemen Masyarakat

  1. You have made some decent points there. I checked on the internet for additional information about the issue and found most individuals will go along with your views on this website.

  2. Every weekend i used to go to see this website, for the
    reason that i wish for enjoyment, for the reason that this this web page conations genuinely fastidious funny stuff too.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *