392 Personel Bawaslu Wonogiri Siap Jalani Rapid Test

NEWS

Penulis: Widodo TS
WONOGIRI | inspirasiline.com

SEBANYAK 392 personel Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Wonogiri bakal menjalani rapid test untuk memastikan agar seluruh jajaran Bawaslu benar-benar bersih dari Covid-19 jelang Pilkada, 9 Desember 2020 nanti.

Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Wonogiri Isnawanti Sholihah menjelaskan, rapid test akan dilaksanakan Jumat (11/9/2020), dengan melibatkan 5 UPT Puskesmas, yakni Puskesmas Wonogiri 1, Puskesmas Jatisrono 1, Puskesmas Purwantoro 1, Puskesmas Baturetno 1, dan Puskesmas Pracimantoro 1.

Isnawanti menambahkan, personel yang akan menjalani rapid test sebanyak 392 personel, terdiri atas 5 orang komisioner, 10 orang staf kantor, 75 orang pengawas kecamatan, dan 294 orang pengawas kelurahan desa (PKD).

Rapid test bagi pengawas pemilu ini sifatnya harus dan wajib,“ tegas Isnawanti.

Diterangkan, jika nantinya ditemukan pengawas yang reaktif, maka Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) akan mengambil langkah preventif dengan melakukan tes usap (swab) kepada personeil tersebut, dan personel yang sudah di-swab harus menjalani karantina sesuai petunjuk dari DKK.

Dari rapid test, Bawaslu berharap, tak ada satu pun pengawas pemilu di Wonogiri yang terpapar Covid-19. Tapi jika terpaksa ada yang terpapar harus rela menjalani karantina hingga dinyatakan sembuh, dan tugas-tugas pengawasan akan di-handle oleh pengawas yang lain.

“Contohnya, bila ada PKD yang reaktif, tugas pengawasan akan di-handle oleh Panwascam. Kalau salah satu Panwascam yang reaktif, tugasnya akan di-handle oleh anggota yang lain. Tapi kalau ketiga Panwascam reaktif semua, tugasnya akan di-handle oleh Bawaslu Kabupaten, sampai yang bersangkutan dinyatakan sembuh,” tegas Isnawanti.***

Bagikan ke:
baca juga:  Bea Cukai Semarang Beberkan, Kendal Belum Pernah ditemukan Rokok Ilegal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *