Tenaga Kesehatan Covid-19 Sukoharjo Mulai Terima Insentif Rp 3,9 Miliar

NEWS

Penulis: Supriyani
SUKOHARJO | inspirasiline.com

INSENTIF sebesar Rp 3,9 miliar, mulai disalurkan melalui transfer ke masing-masing rekening tenaga kesehatan (nakes) Kabupaten Sukoharjo yang terlibat dalam penanganan pasien Covid-19. Jumlah nakes yang memperoleh insentif lebih dari 100 orang, berasal dari 12 Puskesmas, RSUD Ir Soekarno, dan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo. Nilai insentif masing-masing nakes bervariasi, tergantung hari kerja.

Kepala DKK Sukoharjo dr Yunia Wahdiyati mengatakan, para nakes yang menerima insentif dari pemerintah pusat hanya yang terlibat dalam penanganan Covid-19. Mereka terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, hingga perawat.

“Nilai insentif nakes Sukoharjo yang ikut menangani Covid-19 totalnya Rp 3,9 miliar. Untuk mempercepat klaim, maka anggaran insentif nakes dikucurkan pemerintah pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tambahan dalam APBD Perubahan 2020,” katanya.

Tenaga kesehatan yang menerima insentif, masing-masing tujuh orang dari 12 Puskesmas. Kemudian nakes RSUD Ir Soekarno dan DKK Sukoharjo. Nakes DKK yang menerima insentif hanya empat orang.

Yunia menyebut, nominal insentif untuk para nakes bervariasi, tergantung hari kerja dalam menangani Covid-19. “Nakes DKK Sukoharjo, nominal insentifnya Rp 5 juta per orang. Ada empat orang yang menerima insentif, sehingga total nilai insentifnya Rp 20 juta. Insentif nakes nonpemerintah sudah diklaim pemerintah pusat pada pemberian insentif tahap I,” ujarnya.

Dana insentif para nakes yang menangani Covid-19 Sukoharjo itu langsung ditransfer ke rekening masing-masing nakes setiap tiga bulan. Saat ini, DKK Sukoharjo tengah memproses pengusulan insentif nakes ke pemerintah pusat. Proses verifikasi insentif nakes paling lambat 15 Oktober.

Para nakes merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Mereka merawat dan mengobati pasien positif hingga sembuh.

“Insentif nakes merupakan wujud penghargaan dari pemerintah kepada nakes yang telah berjuang tanpa henti dalam menangani Covid-19,” paparnya.***

Bagikan ke:
baca juga:  Lantik 5 JPT Pratama di TPA Temurejo, Bupati Blora Minta Segera Lakukan Inovasi Pemerintahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *