Di Kecamatan Plupuh, Mahasiswa IIM Surakarta PKN Tematik Covid-19

EDUKASI

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com 

PRAKTIK Kerja Nyata (PKN) Tematik Covid-19 dilakukan mahasiswa Institut Islam Mamba’ul (IIM) Surakarta selama 21 hari, 2-20 Februari 2021, di Kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen.

Program PKN Tematik bertujuan melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi Pengabdian Masyarakat.

Jumlah mahasiswa sebanyak 281 orang, ditambah dosen pembimbing, dibagi menjadi 16 kelompok, disebar di 16 desa yang ada di Kecamatan Plupuh.

Ada yang menarik dari 16 kelompok PKN Tematik tersebut, yaitu Kelompok 15 yang berada di Desa Jabung. Kelompok ini memiliki program unggulan  menanam tanaman obat keluarga (Toga) di lingkungan Balai Desa Jabung.

Koordinator PKN Tematik Desa Jabung Ahmad Zaini yang ditemui inspirasiline.com, Senin (22/2/2021) mengatakan, menanam Toga selain sebagai ikhtiar dalam menghijaukan lingkungan balai desa, juga untuk mengedukasi masyarakat bahwa mencegah penyakit dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan herbal yang mudah ditemukan di sekeliling rumah.

“Selain kami menanam Toga, program kami yang lain adalah meningkatkan gizi lansia, dengan memberikan donasi bahan pangan bergizi kepada lansia di Desa Jabung, di mana kami bekerjasama dengan Yayasan Siaga Peduli Solo Raya, pemberian bimbingan belajar kepada para pelajar, bimbingan TPQ, serta beberapa program yang berkaitan dengan pencegahan penyebaran Covid-19,” paparnya.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 15, Ngatmin Abbas mengatakan, Kelompok 15 selain baik dan kompak dalam kerjasama kelompok, juga memiliki program kerja yang unik, jelas, dan terarah.

“Selama PKN Tematik ini, mereka selalu kompak dan memiliki program yang unik. Salah satu yang menjadi unggulan serta kenangan untuk warga Desa Jabung adalah Program Toga, yang dapat bermanfaat serta dapat mengedukasi masyarakat tentang manfaat tanaman obat yang ada di sekeliling,” jelasnya.

baca juga:  Bupati Sragen Yuni Sukowati Apresiasi Pemberian Paracetamol-Vitamin Pascavaksin

Kepala Desa Jabung Triyono menyambut baik dan mendukung program  mahasiswa IIM Surakarta yang melaksanakan tugas PKN Tematik.

“Kami masyarakat Desa Jabung sangat mendukung, mengapresiasi, serta berterima kasih kepada seluruh mahasiswa IIM Surakarta yang melaksanakan PKN Tematik di desa kami. Saya sebagai wakil dari masyarakat, juga selalu berdoa agar Toga dapat bermanfaat dan agar para mahasiswa dapat sukses ke depannya,” ungkap Triyono.saat menyaksikan mahasiswa menyiram tanaman Toga.

PKN Tematik mahasiswa IIM Surakarta akan berakhir Selasa (23/2/2021) besok. Segenap mahasiswa, didampingi DPL berpamitan dengan para perangkat desa dan masyarakat.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *