UMS Siap Menuju Akreditasi Internasional

EDUKASI

Penulis: Supriyani 
SUKOHARJO | inspirasiline.com

UNIVERSITAS Muhammadiyah Surakarta (UMS) merupakan perguruan tinggi dengan tiga program studi (prodi) yang meraih akreditasi internasional versi ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Ketiga prodi tersebut adalah Teknik Arsitektur, Farmasi, dan Keperawatan.

REKTOR UMS Prof Dr Sofyan Anif.

“UMS mengajukan akreditasi internasional versi AUN-QA untuk empat prodi, namun baru tiga yang lolos. Yang belum lolos Prodi Teknik Sipil,” ungkap Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif.

Terkait Prodi Teknik Sipil yang belum lolos, Sofyan mengatakan, prodi tersebut masih ada catatan-catatan yang harus diperbaiki. Tapi pihaknya yakin, dalam waktu dekat Prodi Teknik Sipil akan mendapatkan pengakuan akreditasi AUN-QA.

Sofyan Anif menjelaskan, AUN- QA adalah salah satu lembaga sertifikasi yang akan menjadi batu loncatan menuju akreditasi internasional di tingkat global. Manfaat untuk universitas dan program studi yang telah disertifikasi oleh AUN-QA adalah kesetaraan program studi dengan program studi universitas berkualitas tinggi lainnya di ASEAN.

Sofyan menambahkan, dengan pengakuan akreditasi internasional tersebut, pihaknya berharap UMS semakin maju dan diakui internasional. Apalagi selain prestasi akademik yang telah dicapai, saat ini jumlah guru besar di UMS juga semakin bertambah. Hingga saat ini sudah ada 32 guru besar, baik yang dikukuhkan oleh UMS maupun di luar UMS.

Hal itu tentu akan menjadi potensi tambahan bagi UMS untuk menuju world class university.

Selain jumlah profesornya terbanyak untuk PTS, UMS juga terus menambah jumlah doktor. Jumlah karya ilmiah dari doktor dan guru besar juga menjadi penilaian untuk akreditasi.

Saat ini, UMS memiliki 61 prodi, 36 prodi atau 65 persen di antaranya sudah terakreditasi A. Dari prodi yang sudah terakreditasi A itu, siap untuk dikonversi menjadi akreditasi unggul.***

Bagikan ke:
baca juga:  UMS Sukses Jadi Tuan Rumah Milad Ke-108 Muhammadiyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *