SMP Negeri 2 Kaliwungu Siap Realisasikan Proyek “Sky Hall”

INOVASI

Penulis/Editor: Dwi NR
KENDAL | inspirasiline.com

SMP Negeri 2 Kaliwungu, Kendal terus berakselerasi dan berinovasi. Progresivitas tak sebatas di bidang akademik, tapi juga menyentuh sarana-prasana sekolah. Terkini, proyek ambisius fenomenal sky hall atau “lapangan layang” siap diwujudkan.
KONSEP awal Sky Hall atau Gedung Serbaguna dua lantai SMP Negeri 2 Kaliwungu. || KLIK gambar untuk menonton VIDEO 3D-nya!

SETELAH berhasil membenahi kantin dan halaman utama sekolah, termasuk melengkapi dengan pembangunan lapangan bulutangkis dan bolabasket satu ring, kini sekolah yang mengusung tagline “Beautiful in Small” ini bertekat merealisasikan pembangunan “lapangan layang”.

“Kita bersungguh-sungguh untuk bisa segera merealisasikan ‘lapangan layang’ ini. Jika ini terwujud, banyak kegiatan yang bisa kita lakukan di tempat atau gedung serbaguna ini. Olahraga, Pramuka, pentas seni (pensi), pertemuan-pertemuan, atau kegiatan yang bersifat massal,” kata Kepala SMP Negeri 2 Kaliwungu Nunuk Sri Harjanti SPd MPd di Rapat Persiapan Rapat Pleno Komite Sekolah, Sabtu (19/9/2020) siang.

Nunuk tak menampik jika rencana pembangunan “lapangan layang” atau lebih tepat disebut sky hall (aula langit) ini sebagai proyek ambisius. “Kalau tidak ambisius ya tak jadi-jadi. Semua harus didasari dengan ambisi. Ambisi yang positif. Biar cepat terealisasi,” ujarnya.

Proyek ambisius “lapangan layang” atau gedung serbaguna dua lantai memang berawal dari ide Nunuk, yang merasa tak tega melihat kondisi fisik SMPN 2 Kaliwungu yang kurang layak. Luas lahan yang terbatas dan gedung yang “apa adanya”, menurutnya, jelas tak mumpuni dalam mendukung kegiatan belajar-mengajar (KBM).

KEPALA SMP Negeri 2 Kaliwungu Nunuk Sri Harjanti SPd MPd menunjuk titik bakal lokasi pembangunan sky hall. || KLIK gambar untuk menonton VIDEO 3D-nya!

Numpang Lapangan
Fakta yang melatarbelakangi gagasan membangun sky hall ini, utamanya adalah lantaran lapangan bolabasket dan bolavoli yang nunut atau numpang di Lapangan Brimob, Desa Plantaran, yang berada di samping sekolah, dibongkar karena alih fungsi menjadi Rumah Dinas Asrama Brimob.

baca juga:  Metode Tilawati, Inovasi Pelahiran Generasi Qurani

Kenyataan yang paling mendasar, SMPN 2 Kaliwungu belum memiliki lapangan olah raga, karena memang tidak memiliki lahan untuk itu.

Berangkat dari keprihatinan itulah, ide mengoptimalkan segala keterbatasan itu mencuat. Puncaknya adalah gagasan membangun “lapangan layang” atau sky hall yang “nangkring” di lantai II ini.

Langkah-langkah persiapan dilakukan. Angka-angka pun bermunculan.

Rencananya, sky hall bakal dibangun dalam tiga tahap, selama 3-4 tahun masa pembangunan. Estimasi awal, proyek ambisius ini diperkirakan menelan anggaran Rp 1,7 miliar. Sebuah angka yang fantastis.

Bergerak cepat, gambar desain awal sky hall sudah dibuat. Termasuk video grafis 3D-nya. Oki Irawan Sudiarto, rekanan Nunuk, ditunjuk sebagai konsultan sekaligus arsiteknya.

“Pilihan itu lebih karena kualitas dan track record-nya. Kita tetap profesional. Kita pakai dia secara profesional, dia pun bertanggung jawab secara profesional,” tegas Nunuk, yang disepakati Ketua Komite Doddy Dirgahayu dan para pengurus lainnya.

Doddy menyebut, proyek “lapangan layang” ini bisa jadi merupakan historical project SMPN 2 Kaliwungu. “Kalau sky hall ini terwujud, kita termasuk bagian dari pelaku sejarah itu,” ungkapnya.

Oki Irawan Sudiarto tercatat pernah menggarap sejumlah perumahan dan pembangunan-renovasi SMPN 1 Kangkung, Kendal, 2019 lalu.

KONSEP awal Sky Hall atau Gedung Serbaguna dua lantai SMP Negeri 2 Kaliwungu. || KLIK gambar untuk menonton VIDEO 3D-nya!

Sinergi Strategi
Lantas, dari mana nominal Rp 1,7 miliar itu didapatkan? Bersama Komite Sekolah, Nunuk beserta jajarannya akan bersinergi membangun strategi untuk mendapatkan sumber pendanaannya.

“Di rapat pleno nanti, kita sampaikan rencana besar ini kepada orang tua wali peserta didik. Minta restu dan dukungan, tanpa mesti membebani mereka. Kita harus yakin, optimis, dengan nyengkuyung bareng, insyaAllah phenomenal project ‘lapangan layang’ SMP Negeri 2 Kaliwungu bisa terealisasi,” tandas Nunuk.

baca juga:  Dinkes Temanggung Gelar Pelatihan Pelayanan Kesehatan Tradisonal

Lebih dari itu, proposal-proposal pengajuan bantuan ke sejumlah perusahaan swasta di wilayah atau luar Kabupaten Kendal, pun telah disiapkan.

Tak lupa, Nunuk mengingatkan, sesuai saran Kepala Bidang Ketenagaan Disdikbud Kendal Bejo Sartono, GTT/PTT SMPN 2 Kaliwungu akan dimasukkan BPJS Ketenagakerjaan.

RAPAT Persiapan Rapat Pleno Komite SMP Negeri 2 Kaliwungu, Sabtu (19/9/2020). || KLIK gambar untuk menonton VIDEO 3D-nya!

Setelah paparan lengkap dari Nunuk Sri Harjanti, Wakil Kepala Kesiswaan Agus Wachiddin menegaskan bahwa program ”lapangan layang” atau sky hall kini otomatis menjadi program Komite Sekolah.

Sementara Wakil Kepala Kurikulum sekaligus Sekretaris Panitia Rapat Pleno 2020 Sukasmo menjelaskan, Rapat Pleno 2020 bakal digelar secara sif selama tiga hari, Senin-Rabu (28-30 September), dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Hari pertama, Senin (28/9) untuk orang tua wali kelas VII, Selasa (29/9) kelas VIII, dan Rabu (30/9) untuk kelas IX,” terang guru pengajar IPA Kelas VII dan VIII ini.

Sepanjang tiga hari itu, Sukasmo menambahkan, rapat digelar dalam 2 sif untuk seluruh kelas (VII, VIII, IX), yaitu pukul 09.00-09.30 (kelas A, B, C, D) dan pukul 10.00-11.30 (kelas E, F, G).

Rapat Persiapan Rapat Pleno Komite Sekolah dihadiri Kepala SMPN 2 Kaliwungu Nunuk Sri Harjanti, Waka Kurikulum Sukasmo, Waka Kesiswaan Agus Wachiddin, Waka Sarana Prasarana Eko Sunarto, dan Waka Humas Rida Nuryati serta Ketua Komite Doddy Dirgahayu dan jajaran pengurus.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *