Kementan Salurkan Bantuan Alsintan-UPPO Petani Sragen

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

KEMENTERIAN Pertanian (Kementan) menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dan Unit Pengolah Pupuk Organik (UPPO) kepada petani di Kabupaten Sragen. Bantuan sebagai upaya pemerintah untuk mendukung petani dalam menyediakan pupuk organik secara mandiri.

Bantuan diserahkan oleh Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan anggota Komisi IV DPR RI, Hamid Nuryasin di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sragen, Senin (21/9/2020).

ANGGOTA Komisi IV DPR RI, Hamid Nuryasin menyerahkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian (Kementan) kepada Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan, bantuan alsintan dan UPPO dari Kementerian Pertanian ini merupakan dana aspirasi Hamid Nuryasin.

Alhamdulillah. Hari ini mendapatkan bantuan dan semua dana dari pemerintah disalurkan untuk Kabupaten Sragen. Semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya,” ujar Yuni Sukowati.

Bupati menegaskan, penyerahan bantuan ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Untuk itu, Yuni mewanti-wanti, semua harus komitmen bersama-sama untuk menjaga dan merawatnya.

“Kami sudah berkomitmen, karena ini merupakan bagian dari pelayanan terbaik untuk masyarakat. Bersama-sama menunjukkan Sragen bersih, transparan, dan akuntabel,” tandasnya.

Anggota Komisi IV DPR RI, Hamid Nuryasin mengatakan, program ini ditujukan kepada sekitar 49 kelompok tani (klomtan) dari total yang akan dialokasikan ke Sragen sebanyak 143 bantuan, berupa traktor roda dua, traktor roda empat, hingga UPPO.

Hamid Nuryasin berharap, program ini bisa meringankan beban para petani di tengah-tengah kondisi yang saat ini sulit.

“Harapannya bisa untuk melaksanakan program-program dan bisa menghadirkan ketahanan pangan di tengah-tengah masyarakat lingkungan khusus di Sragen,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan-KP) Sragen Eka Rini Mumpuni Titi Lestari menambahkan, bantuan ini dapat meningkatkan produksi pertanian melalui mekanisme alsintan dan penyediaan sarana untuk pengelolaan pupuk organik, dengan begitu diharapkan akan ada peningkatan ekonomi petani.***

Bagikan ke:
baca juga:  Untuk Mengantisipasi Penyebaran PMK, Seluruh Pasar Hewan Di Kabupaten Sragen Ditutup

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *