Siswa SMP Kurang Mampu Di Kabupaten Sragen Mendapatkan Bantuan Seragam

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen berkomitmen  meringankan beban warga masyarakat kurang mampu khususnya beban Orang Tua Murid Sekolah. Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Disdikbud) Kabupaten Sragen Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati membagikan Seragam Sekolah putih biru  sebanyak 8.977 stel kepada murid Sekolah Menengah Pertama (SMP) kurang mampu.

Penyerahan seragam SMP secara serentak dihadiri 500  Orang Tua Murid diberikan secara simbolis dilakukan di dua tempat dan diawali di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Gemolong  di Gedung Kartini Sragen Senin (24/10/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sragen Pujono Elli Bayu Effendi, Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tatag Prabawanto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sragen Suwardi dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sragen.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati  mengapresiasi dan mengatakan, pemberian seragam SMP merupakan sesuatu yang baik. Anggaran seragam SMP yang diberikan secara gratis itu berasal  dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2022 didasari aspirasi masyarakat wakil rakyat dengan total anggaran sebesar Rp 1,442 miliar. Aspirasi tersebut untuk membantu masyarakat miskin sehingga perlu didukung apalagi beban masyarakat semakin berat.

“Bantuan yang kami berikan berwujud seragam jadi, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya menjahit. Anak adalah aset, jangan sampai putus sekolah. Saat ini memang masih ada angka putus sekolah dibeberapa titik di Sragen. Namun kami berupaya terus untuk menekanya.” Ungkapnya.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati berpesan supaya  penerima dapat menyekolahkan anak-anak setinggi-tingginya. Pemerintah menyediakan Beasiswa bagi Siswa Sekolah. Apabila ingin meneruskan sekolah, masyarakat bisa mengajukan melalui Program Indonesia Pintar (PIP).

Jika ingin melanjutkan sampai Perguruan Tinggi, ada Program Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi.

“Sudah ada ratusan warga Sragen yang kami biayai sampai lulus kuliah. Syaratnya adalah kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan nilai Indeks Prestasi (IP) diatas 3.” Ungkap Yunj sapaan akrab Bupati Sragen menjelaskan.

Kepala  Disdikbud  Kabupaten Sragen Suwardi mengatakan, para penerima bantuan berasal dari keluarga kurang mampu dan sebanyak 500 Wali Murid dihadirkan untuk menerima Seragam Sekolah.

“Seragam SMP diberikan kepada 8.977 Siswa Kurang Mampu di 76 SMPN maupun Swasta. Yang datang hanya perwakilan. Karena yang lainnya langsung dibagikan kepada penerima.”Ungkapnya. (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *