Isi Masa Jeda Pasca-UTS, SMPN 2 Sukoharjo Gelar Webinar

EDUKASI

Penulis: Supriyani
SUKOHARJO | inspirasiline.com

DI masa pandemi, pelajar harus tetap semangat dalam belajar, baik melalui daring maupun luring. Berbagai trik pun dilakukan sekolah agar siswa tetap bisa mengikuti kegiatan belajar-mengajar (KBM).

Wakil Kepala Kurikulum SMP Negeri 2 Sukoharjo Utami Murniningsih didampingi Waka Kesiswaan Dwi Agus Kuncoro mengungkapkan hal itu kepada wartawan di sela-sela acara webinar yang digelar di Ruang Guru SMPN 2 Sukoharjo, Kamis (17/9/2020).

WAKILKepala Kesiswaan SMP Negeri 2 Sukoharjo Dwi Agus Kuncoro dan Waka Kurikulum Utami Murniningsih.

“Anak-anak baru saja selesai mengikuti Ulangan Tengah Semester (UTS) secara online, dan untuk mengisi masa jeda ini kami gelar webinar dengan menghadirkan Moko dan Toni, penggiat media sosial dan Youtuber. Webinar diikuti 200 lebih siswa. Untuk Sabtu (19/9/2020) besok akan kami bagikan rapor hasil UTS online kepada siswa,” kata Utami Murniningsih.

Dia menjelaskan, webinar yang mengusung tema “Bijak dalam Bersosial Media” ini membahas konten-konten yang menarik, sehingga siswa bisa menerima dengan mudah melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Saat pandemi seperti sekarang ini, menurut Utami, mau tidak mau anak harus mengikuti PJJ.

“Webinar ini baru kali pertama diadakan dan jika sistem ini lancar, akan kami tindak lanjuti dalam PJJ selanjutnya dengan Zoom. Pernah kami coba memakai Zoom, namun kendala sinyal kurang dan siswa tidak punya kuota. Nah, kekurangan dan kelebihan, serta kendala-kendala yang kami hadapi ini akan kami sampaikan pada saat pembagian rapor hasil UTS Sabtu (19/9/2020),” ujarnya.

Utami mengungkapkan, bagimana pun KBM tatap muka lebih efektif. Namun karena situasi masih pandemi, pihaknya hanya bisa melaksanakannya melalui PJJ. “Hal ini harus bisa diterima oleh semua pihak. Kami selaku guru menyiapkan konten-konten yang menarik, sehingga siswa dengan mudah memahami dan tidak membosankan,” tuturnya.

baca juga:  Permudah Masyarakat Bayar Pajak, Satlantas-UPPD Blora Gelar Samsat Desa

PJJ SMPN 2 Sukoharjo dikemas dalam bentuk video pembelajaran, animasi, serta menggunakan model luring, siswa mengumpulkan tugas ke sekolah sesuai jadwal masing-masing.

“Begitu selesai langsung pulang, sehingga tidak ada kerumunan. Paling lama siswa di sekolah maksimal 30 menit, untuk memberikan waktu saling melepas kangen dengan teman,” terangnya.

Pihak sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, dan jaga jarak. “Kami berharap, anak-anak tetap semangat dalam mengikuti PJJ. Bapak-ibu guru selalu mendoakan agar anak-anak bisa menerima materi dengan baik dan yang penting tetap di rumah, namun bisa mengikuti program-program dari sekolah,” bebernya.

Selain webinar, Wakasek Kesiswaan Dwi Agus Kuncoro menambahkan, SMPN 2 Sukoharjo juga menggelar lomba pidato secara online dengan durasi maksimal 5 menit, siswa bisa berunjuk aksi sesuai tema pidato “PJJ di Masa Pandemi”.

Dengan kegiatan ini, siswa diharapkan bisa termotivasi, berkreasi dan berekspresi dalam berpikir, tetap semangat untuk belajar. Bahkan di masa pandemi ini ada salah satu siswa, Rapi, Kelas IX-F yang tercatat aktif mengikuti berbagai seminar, baik berskala nasional maupun internasional, sehingga bisa memberikan edukasi kepada kawan yang lain.

“Di blognya, dia rajin membuat laporan seputar karya-karya inovatif yang disampaikan kepada teman-temannya. Itu merupakan salah satu contoh bahwa di masa pandemi, masih banyak yang bisa diperbuat, yang bermanfaat untuk diri sendiri maupun orang lain” tandas Dwi Agus Kuncoro.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *